Kamis, 16 Mei 2013

FAKTOR PENYEBAB HIPOTENSI


Hipotensi adalah suatu keadaan dimana tekanan darah lebih rendah atau turun dibawah angka normal hingga mencapai 90/60 mmHG, dimana nilai normal tekanan darah seseorang pada orang  sehat secara umum berkisar 120/180 mmHG. Tekanan darah rendah berarti kondisi dimana kurangnya hantaran nutrisi dan oksigen ke dalam sel-sel tubuh.
Seseorang yang mengalami tekanan darah rendah umumnya akan mengeluhkan keadaan sering pusing, sering menguap, penglihatan kabur terutama setelah duduk lama lalu berjalan, keringat dingin, merasa cepat lelah tak bertenaga.
Pada pemeriksaan secara umum detak/denyut nadi teraba lemah, penderita tampak pucat, hal ini disebabkan suplai darah yang tidak maksimum keseluruh jaringan tubuh.
Dan diantara faktor yang menyebabkan penurunan tekanan darah, sebagai berikut:
1.      Kurangnya pemompaan darah dari jantung.
Semakin banyaknya darah yang dipompa dari jantung setiap menitnya, maka semakin tinggi juga tekanan darahnya. Selain itu, seseorang yang memiliki kelainan atau penyakit jantung yang mengakibatkan irama jantung abnormal, kerusakan atau kelainan fungsi otot jantung, penyakit katup jantung, maka akan berdampak juga pada berkurangnya pemompaan darah (curah jantung) keseluruh tubuh.
  1. Volume ( jumlah ) darah berkurang.
 Hal ini dapat disebabkan oleh perdarahan yang hebat (luka sobek,haid berlebihanl), diare yang tak cepat teratasi, keringat berlebihan, buang air kecil berlebihan.
  1. Kapasitas pembuluh darah.
Pelebaran pembuluh darah menyebabkan menurunnya tekanan darah, hal ini biasanya sebagai dampak dari syok septik, pemaparan oleh panas, diare, obat-obat vasodilator ( nitrat, penghambat kalsium, penghambat ACE ).
  1. Dehidrasi
Diantara penderita mual, muntah, dan diare yang berkepanjangan. Jumlah-jumlah yang besar dari air hilang ketika muntah dan dengan diare, terutama jika pasien tidak minum jumlah-jumlah cairan yang cukup untuk menggantikan air yang menipis/habis.
  1. Efek samping obat
 Seperti alkohol, anxiolytic, beberapa antidepresan, diuretik, obat-obatan untuk tekanan darah tinggi dan penyakit jantung koroner, analgesik.
  1. Masalah jantung.
Seperti perubahan irama jantung (aritmia), serangan jantung, gagal jantung, bisa menjadi faktor menurunnya tekanan darah.
  1. Kejutan emosional.
Misalnya syok yang disebabkan oleh infeksi yang parah, stroke, anafilaksis (reaksi alergi yang mengancam nyawa dan trauma hebat).
Dari 7 faktor penyebab darah rendah diatas, menunjukkan bahwa kita harus benar-benar menjaga kesehatan diri supaya kita bisa terhindar dari segala macam penyakit. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Najma Mujaddid
Blogger Theme by BloggerThemes | Theme designed by Jakothan Sponsored by Internet Entrepreneur