Jumat, 01 Mei 2015

Kata Pujangga Jawa

Ada yang unik...


Kata Pujangga Jawa, ada sebelas ciri tubuh perempuan yang menyimpan keberuntungan bagi laki-laki. :p

1) Lintang Kewuryan (Bintang Tampak Muncul)

Matanya setengah tertutup dan alisnya melengkung, pinggang ramping dengan pinggul lebar seperti lebah. Perempuan seperti ini selain pengertian juga tutur katanya memukau, memiliki daya ingat kuat, tidak suka bicara untuk sesuatu yang tidak bermanfaat, amat berbakti, tabah dan setia pada suami, menomorsatukan kewajiban sebagai istri, hidup hemat dan menjunjung derajat suami.

2) Durga Rangsang (Durga Mengerang)

Bertubuh pendek dan kecil, sosoknya agak bulat, kulit kuning, rambutnya lemas dan buah dadanya besar. Bila memandang sesuatu sering hanya dengan lirikan saja. Ia tipe penindas laki-laki dan asmaranya tidak mudah terpuaskan.

3) Pedaringan Kebak (Tempat Beras Terisi Penuh)

Tubuhnya kecil dan pendek, kulit keputih-putihan, rambut sinomnya melingkar-lingkar terlihat indah di dahinya yang lebar, bibirnya tipis dan indah, kedipan matanya bagai lentera tertiup angin lembut berulangkali. Wanita seperti ini memiliki watak mulia, kuat pendirian hati, tangguh dan teguh dalam berpikir. Setiap kata yang diucapkannya selalu bermakna dan tak pernah membual. Yang diidam-idamkan adalah kelestarian segala sesuatu, berani menghadapi hidup, tak takut bila harus sakit dan menghadapi maut sekalipun, sikapnya jauh dari hal-hal negatif dan pandai menyimpan rahasia keluarga dan suaminya. Pria yang menjadi suaminya sering badannya kecil dan pendek.

4) Gedong Mengo (Gedung Terbuka)

Badannya kecil dan pendek. Kulitnya keputih-putihan, kakinya bagaikan bambu, dari atas sampai bawah sama besarnya, rambutnya sedikit tebal, matanya tebal berwibawa bahkan terkesan angker. Perempuan seperti ini sering raib ketika rumah tangganya dilanda huru-hara. Wataknya congkak dan bersikap terlalu berani kepada suami. Dalam hubungan suami istri, biasa-biasa saja.

5) Dhandang Ngelak (Burung Gagak Kehausan)

Warna kulit di dekat mulut berona kemerahan, lehernya pendek, kakinya besar dari atas sampai bawah, pinggulnya bulat dan agak tertarik ke atas. Perempuan jenis ini hatinya mudah tersulut emosi. Kalau suaminya mendapat kesulitan justru hatinya menjadi puas. Malas berbuat dan bekerja keras, suka menerima tetapi tidak suka memberi, mudah emosi, suka memfitnah dan sangat suka berolah asmara.

6) Padmasari (Bungan Teratai)

Tubuhnya sedang-sedang saja, selalu ceria, pandangan matanya tenang, sikapnya bijak, rambutnya selalu tampak kemilau basah, hitam dan berombak. wataknya sering membuat orang tak segan untuk memujinya. Sangat berbakti pada suami.

7) Sesotyo Rekto Ing Embanan (Permata Merah Dalam Bingkai)

Tinggi semampai, kulitnya kuning, rambutnya sedang-sedang saja, payudaranya tidak besar, kakinya berisi mengecil ke bawah, senyumnya sering membuat suasana riang, selalu tampak tenang dan anggun, matanya sayu seperti setengah tertidur. Wataknya sangat baik, tidak pernah merugikan orang lain. Harapannya adalah ketenteraman, keselamatan dan kebahagiaan hidup.

8) Sri Tumurun (Dewi Sri Turun)

Postur tubuhnya tinggi semampai dan berkulit kuning. Giginya tidak rapat, rambutnya kasar tetapi sering dipanjangkan, buah dadanya kecil, wajahnya oval, pinggang kecil dengan pinggul besar, jemarinya lentik, urat-uratnya terlihat kehijauan di balik kulitnya yang kuning, kedua lapis bibirnya kemilau karena selalu basah, matanya sayu seolah malas terbuka, alisnya lembut memanjang dan melengkung. Perempuan seperti ini pandai menyimpan harta dan amat cerdas.

9) Lintang Karahinan (Bintang Kesiangan)

Sorot wajahnya seperti mengantuk, berwajah bulat, kulitnya kehitaman seperti buah manggis, rambut hitamnya berombak tetapi tidak lebat, bibir bawahnya lebih tebal daripada bibir atas, dahinya sempit dan mulutnya agak lebar, perawakan tubuhnya kecil dan pendek. Perempuan seperti ini kurang menawan di hati pria.

10) Padmanagara (Seroja Kota)

Bertubuh kekar dan berkulit kemerahan, tubuhnya kecil mungil, rambut panjang hitam legam, kedua matanya membelalak, mulutnya cenderung melebar, mulut bagian bibir atas lebih panjang daripada bagian bawah, jambangnya lebat juga alisnya, wajahnya bulat telur dan dahinya sempit. Wanita seperti ini sangat hebat dalam berolah asmara, budi pekertinya bagus dan sangat sensitif.

11) Padmasari Leledhang (Bunga Seroja Bergoyang)

Raut wajahnya seperti membenam ke dalam dan bentuk wajahnya bulat, berdahi sempit, mulutnya mungil dan berbibir tebal, alisnya tebal, kulitnya kuning basah-basah, pinggulnya besar serta kedua kakinya sempit.

:D

2 komentar:

dunia kecil indi mengatakan...

Sepertinya aku gak masuk ke salah satunya, hihihi :)

Unknown mengatakan...

Aku juga ndak tau termasuk yang mana,

Posting Komentar

 
Copyright © Najma Mujaddid
Blogger Theme by BloggerThemes | Theme designed by Jakothan Sponsored by Internet Entrepreneur